Punya buku hasil karya sendiri?? Waahh, so pasti seneng banget! Tapi tunggu dulu yaa…coz kalo ternyata kita bisa bikin penerbitan sendiri, knapa enggak?? Pastinya lebih seneng donk!

Disamping seneng hasil karyanya jadi, juga bersyukur kalo hasil yang didapet lebih besar. Siape yang gak mau,:-) Ini ada 5 trik buat kamu yang masih awam dengan dunia penerbitan, langsung baca langsung dong!

1. Buatlah naskah yang menarik. Jika naskah itu anda tulis sendiri, anda bisa membuat semacam ‘penelitian’, buku apa yang sebenarnya tengah dicari orang. Sering-seringlah anda ke toko buku atau ajang-ajang pameran buku. Anda akan tahu buku apa yang sedang diminati pasar.

2. Mintalah nomor ISBN. Caranya kirimkan cover (atau bakal cover), daftar isi dan pengantar (bila ada) ke tim ISBN Perpust pusat di Salemba, Jakarta. Biayanya Rp 25.000/ buku

3. Buatlah desain yang ‘beda’. Anda bisa meminta bantuan kepada para desainer terutama freelancer, karena biasanya tidak terikat dengan perusahaan manapun. Biaya yang anda sediakan untuk buku ukuran novel setebal 200-an halaman adalah sekitar Rp 500.000-1.000.000 atau lebih, tergantung kualitas desain dan kota tempat tinggal desainer tersebut. Kalau di Bandung, barangkali harga desain lebih besar daripada di Solo.

4. Setelah itu, carilah percetakan yang berkualitas. Biasanya, percetakan sudah memiliki fasilitas pembuatan film atau print kalkir, sehingga kita tinggal memasukkan file naskah kita yang sudah didesain doang. Untuk buku 200-an hal, biaya cetak untuk 1000 eksemplar adalah sekitar Rp 5.000-Rp 10.000-an per eksemplar, tergantung spesifikasi yang anda maui.

5. Setelah buku jadi, anda bisa cari distributor. Caranya, lihatlah iklan-iklan buku di majalah, biasanya di bawah iklan itu ada daftar distributor. Distributor inilah yang akan memasarkan buku-buku anda di ‘daerah kekuasaannya.’

SELAMAT Membuat Penerbitan Sendiri!!

Jika anda bingung mencari desainer atau percetakan, bisa hubungi ane,:-)

Taken from: “How To Be A Smart Writer!” Afifah Afra. Afra Publishing
>>Buat Pak Adi, kapan Info Halalnya terbit? Nih ane kasih trik biar lancar penerbitannya!! hehe…