Usir Bau Mulut yang Mengganggu!

Bau mulut kerap dialami banyak orang. Walau terlihat sepele, dalam pergaulan pengaruhnya cukup besar. Anda pasti akan merasa risih berbicara dengan orang yang bau mulut. Sebenarnya apa penyebab bau mulut, dan bagaimana mengatasinya?

Dalam dunia kedokteran, bau mulut dikenal dengan istilah halitosis. Halitosis bisa disebabkan oleh berbagai hal. Utamanya, adalah plak yang tumbuh di mulut. Plak adalah bakteri, jamur serta sisa-sisa makanan kita yang kemudian membentuk lapisan tipis di gigi. Selain dapat menimbulkan bauk tak sedap, juga dapat mengakibatkan kerusakan gigi.

Beberapa makanan dengan bau yang kuat juga dapat merangsang bau mulut. Bawang putih, bawang bombay, dan beberapa bumbu masak lain. Ada juga makanan olahan, serta minuman yang dapat menimbulkan bau asam di mulut. Antara lain, tembakau, alkohol, dan juga sari buah.

Beberapa masalah medis juga dapat menjadi penyebab bau mulut, seperti infeksi saluran pencernaan, infeksi tenggorokan, serta sinusitis.

Sebenarnya, tubuh kita sudah dibekali penangkal bau mulut alami yakni saliva atau air ludah. Fungsi utamanya untuk menetralisir bakteri serta kuman yang ada dalam mulut. Oleh karena itu untuk menjaga produktivitas saliva, setiap habis makan, biasakanlah minum air dengan cukup. Atau bisa juga dengan mengunyah permen karet. Kedua hal tersebut dapat merangsang produktivitas saliva.

Cara termudah lain mengatasi bau mulut, adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Pastikan benar-benar bersih ketika Anda menggosoknya. Jika perlu gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi. Pilih pasta gigi yang mengandung baking soda. Untuk menyegarkan nafas, mempertahankan kesegaran dan kebersihan mulut, serta memutihkan gigi. Penggunaan pembersih lidah juga dapat membuat napas menjadi lebih segar.

Selain itu hal lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut adalah dengan mengurangi makan makanan yang mempunyai aroma yang kuat serta dapat merangsang bau mulut. Kurangi juga makanan yang dapat merangsang produksi gas berlebih di lambung. Gangguan di pencernaan akan menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Permen dengan aroma mint, serta spray pengharum mulut juga dapat dijadikan solusi untuk mengatasi bau mulut tidak sedap, namun apabila masalah tersebut terus berlanjut maka sebaiknya konsultasikan hal ini dengan ahlinya.

Lenyapkan Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Saat bangun tidur dan berkaca, seringkali ada lingkaran hitam di sekitar mata. Ini benar-benar mengganggu penampilan. Lenyapkan segera. Caranya mudah kok. Bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Anda bisa memulainya dengan mencampurkan sedikit garam ke dalam air. Gunakan air itu untuk mencuci mata. Dijamin segar dan bersih.

Cara lainnya, celupkan kapas ke dalam campuran jus kentang dan mentimun. Letakkan kapas di kelopak mata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas mata dengan air dingin.

Memijat juga bisa jadi cara ampuh mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata. Gunakan minyak kelapa. Lalu pijat area sekitar mata sebelum tidur. Selamat mencoba!