home_facebookFacebook untuk cari kenalan atau reunian mungkin sudah banyak digunakan orang. Ternyata, ‎Facebook juga bisa dimanfaatkan lebih lanjut, tidak sekadar untuk “say hello”, tapi juga untuk “get ‎money”. Facebook menyediakan banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan online. ‎Semua itu mudah Anda gunakan. ‎
Ada beberapa cara untuk memasarkan produk Anda di Facebook: dengan menggunakan halaman ‎profil untuk produk/bisnis (Facebook page), beriklan, atau membuat aplikasi. Pada artikel ini, yang ‎dibahas adalah yang paling mudah, yaitu memasarkan produk Anda dengan menggunakan halaman ‎produk. Tentu, Anda sudah harus mempunyai akun Facebook lebih dulu. ‎
Untuk membuat sebuah halaman produk, Anda hanya perlu log in ke Facebook, kemudian masuk ‎ke halaman Create a Page. Bisa jadi Anda agak sulit menemukannya. Untuk mengatasinya, Anda ‎bisa menuliskan URL ini: http://www.facebook.com/pages/create.php di browser Anda. Kemudian ‎Anda bisa memilih kategori produk/bisnis Anda. Ikuti saja langkah berikutnya.‎
Hal yang perlu Anda perhatikan adalah halaman yang Anda buat harus untuk suatu ‎produk/bisnis yang benar-benar Anda kelola. Membuat halaman Facebook atas sesuatu yang tidak ‎Anda kelola melanggar ketentuan penggunaan (term of service) Facebook. Jika Anda membuat ‎halaman tak resmi atas suatu produk, akun Facebook Anda akan ditutup. ‎
Pebisnis sebaiknya membuat sebuah halaman bagi bisnis mereka daripada membuat sebuah ‎halaman pribadi. Misalnya, Anda memiliki usaha ekspor kerajinan Indonesia, akan lebih cocok jika ‎Anda membuat halaman yang menerangkan bisnis ekspor Anda daripada halaman yang memuat ‎informasi pribadi Anda. ‎
Facebook sendiri bilang bahwa sebuah halaman bisnis lebih baik daripada sebuah halaman ‎pribadi karena halaman-halaman ini sudah diinstalli sebelumnya dengan fungsi-fungsi yang ‎dirancang untuk tiap kategori. Misalnya, sebuah halaman band musik menyediakan pemutar lagu, ‎pemutar video, diskografi, review, dan jadwal konser. ‎
Halaman Facebook juga bisa Anda buat semenarik mungkin dengan menambahkan gambar, ‎video, foto, screenshot, dan aplikasi. Halaman Facebook juga tidak membatasi jumlah penggemar ‎‎(fans) dan bisa secara otomatis menerima permintaan penggemar. Tentu ini berbeda dengan akun ‎Facebook biasa yang membatasi jumlah teman. Tersedia juga fitur promosi menggunakan ad di ‎halaman. Anda bisa juga mengirimkan update informasi bisnis Anda ke penggemar Anda di halaman. ‎
Facebook jelas mendukung info dari mulut ke mulut yang akan menolong advertising halaman ‎produk Anda. Ketika Anda mempunyai seorang penggemar, informasi ini akan tampak di Newsfeed ‎setiap orang yang menjadi teman penggemar Anda tersebut. Newsfeed biasanya terdapat di tengah ‎start page seorang user, dan menginformasikan kegiatan yang sedang dilakukan user tersebut atau ‎teman-temannya. ‎
Fitur lain dari Facebook yang memasarkan produk Anda secara mulut ke mulut adalah Minifeed, ‎yang tampak di halaman profil seorang user dan menginformasikan hal-hal yang baru saja ia ‎lakukan. Info bahwa seseorang telah menjadi penggemar produk Anda juga akan tampak di sini. ‎Juga, ketika seseorang melakukan sesuatu di halaman produk Anda, info tersebut akan tampak di ‎sini. Orang-orang yang mengunjungi profil user tersebut akan melihat informasi ini. Bisa jadi, ‎beberapa orang yang melihatnya akan mengklik info tersebut, dan ia akan terbawa ke halaman ‎produk Anda. ‎
Dengan bantuan Minifeed ini, Anda akan memperoleh banyak penggemar. Jika tiga orang ‎menjadi penggemar produk Anda dan setiap dari mereka memancing tiga calon penggemar lagi, dan ‎seterusnya, Anda akan mendapat pertambahan penggemar secara eksponensial. Ini merupakan efek ‎adanya halaman produk Anda. ‎
Untuk mengomunikasikan produk Anda, ada beberapa trik penting lainnya. Salah satunya adalah ‎dengan membuat sebuah grup (group). Sebuah produk di Facebook dapat membuat grup dan ‎mengundang pengguna untuk bergabung ke grup itu. Pastikan Anda menggunakan grup untuk ‎melayani konsumen, misalnya sebagai tempat mereka berbagi pengalaman memakai produk Anda, ‎daripada tempat Anda mengiklankan produk Anda. Kuncinya adalah menciptakan grup yang ‎memberi manfaat bagi penggemar. ‎
Anda juga bisa bergabung ke sebuah grup. Dengan cara ini, pemasar produk dapat ‎mengomunikasikan produk mereka. Namun, terlalu terang-terangan mengiklankan produk Anda ‎dalam sebuah diskusi bisa membuat Anda dikeluarkan dari grup atau malah orang-orang ‎meninggalkan Anda sama sekali. ‎
Setelah itu semua Anda lakukan, siap-siap saja dengan adanya order dari penggemar Anda. ‎Tindak lanjutnya tentu saja berupa jual-beli di dunia nyata. Mudah bukan? (wirawan yogiyatno)‎